• News

  • Peristiwa

Data Dokter Gugur Akibat Covid-19 Berbeda, FZ: Saya Lebih Percaya IDI Ketimbang Kemenkes

Politisi Fadli Zon
Indopolitika
Politisi Fadli Zon

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Fadli Zon (FZ) mengatakan, dirinya lebih percaya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ketimbang Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kepercayaan Fadli ini disampaikan bukan tanpa alasan, yakni menanggapi suatu informasi yang beredar.

Informasi yang dimaksud terkait Politikus PDIP yang juga Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo yang meragukan kebenaran data IDI. Data yang dimaksud terkait jumlah dokter yang gugur akibat terpapar corona.

IDI sendiri sebelumnya merilis ada 100 dokter yang meninggal karena terpapar virus corona. Sedangkan Kemenkes menyebut ada 30 orang dokter. 

"Sy lebih percaya data IDI ketimbang data (katanya) @KemenkesRI.  Ini soal serius, IDI mengatakan dokter yg gugur ada 100, @KemenkesRI 30," kata Fadli, dikutip dari cuitannya, Selasa (8/9/2020).

Menurut Fadli, ini persoalan yang serius. Dia juga meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto segera memberikan klarifikasi. 

Fadli menilai, sejak awal Menkes Terawan memberi keterangan yang tidak jelas dan timbulkan kesalahpahaman. Bagi Fadli, keadaan tersebut membuat masyarakat tidak siap mengantisipasi Covid-19.

"Perlu segera klarifikasi Menkes. Dari awal Menkes bicara tak jelas n misleading shg kita tak siap antisipasi Covid-19," kata Fadli.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli