• News

  • Peristiwa

Curhat Bingung Risma kepada Juliari Batubara Terkait Covid-19, Ini Tindakan Kemensos

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan saat penyerahan bantuan dari Kemensos.
Kemensos
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan saat penyerahan bantuan dari Kemensos.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hari itu Rabu (7/10/2020) di Kantor Pos Kebon Rejo, Kota Surabaya, Jawa Timur, tak seperti biasanya ada acara penyuluhan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap VII dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Pada sambutannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan saat penyerahan bantuan saat terjadi Covid-19, sempat bingung karena banyak warga Surabaya tidak bekerja lagi.

"Kami harus merawat pasien dalam jumlah besar, karena penyakit Covid-19 amat ganas sekali. Jadi banyak tiba-tiba langsung meninggal," ujar Risma pada Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

Risma mengeluh kepada Mensos agar bisa dinaikkan jumlah penerima manfaat BST dikarenakan penerima BST sedikit. Di sisi lain banyak warga yang membutuhkan. 

"Tapi alhamdulillah, pak Menteri Sosial bilang iya mbak saya tambahin," terangnya. 

Mewakili warga Surabaya, Risma mengucapkan terima kasih kepada Mensos yang sudah menambah jumlah penerima BST.  

Berkat bantuan dari Mensos ditambah sehingga banyak warga yang banyak dapat bantuan untuk menopang hidup selama pandemi ini.

Menteri Sosial Juliari P Batubara menyatakan BST adalah instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disalurkan melalui Kemensos

"Kalau tidak ada instruksi dari Presiden, saya kira program ini belum tentu ada," terang Juliari.

Mensos berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar dengan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya yakni untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari. 

"Bantuan yang dierima uangnya untuk membeli kebutuhan yang paling mendesak. Bantuan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin," harap Juliari. 

Selain itu, Mensos menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung realisasi dan setiap penyaluran program BST bisa berjalan dengan baik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PT Pos Indonesia sebagai mitra, juga terima kasih secara khusus kepada Ibu Wali Kota dan jajaran Pemkot Surabaya karena koordinasinya selama ini sangat bagus sekali," kata Juliari. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P