• News

  • Peristiwa

Konsernya Tak Ditayangkan Kemendikbud, Ada Apa dengan Ananda?

Ananda Sukarlan saat pengambilan syuting di Situs Trowulan.
Dok: Ananda Sukarlan
Ananda Sukarlan saat pengambilan syuting di Situs Trowulan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Awalnya maestro pianis dan komposer Ananda Sukarlan sangat senang karena akan memainkan  Kejayaan Majapahit dalam Konser Rapsodia Nusantara di Situs Triwulan, Mojokerto.

Awalnya, dalam syutingnya ia menampilkan musisi klasik kebanggaan Indonesia: seperti Ayunia Indri Saputro, Gabriella Prisca Handoko (pianis), Mariska Setiawan (soprano), Rangga Suryanata (bariton) & Finna Kurniawati (violinist).

“Harusnya hail syuting tersebut ditayangkan pada Rabu, 21 Oktober pukul 19.00 di Channel YouTube Kemendikbud. Performa ini merupakan persembahan Direktorat Film, Musik dan Media Baru - Kemendikbud. Tapi Konser kemarin dibatalkan tanpa penjelasan dari Dikbud,” ujar Ananda, pada Netralnews, Kamis, (22/10/2020).

Ananda menambahkan, akhirnya Direktur PMMB Ahmad Mahendra menelpon dirinya dan lewat pukul 22.00 dan juga bilang ada masalah teknis. “Ada sesuatu di konten video tersebut yang kita harus hati-hati. Sampai sekarang saya tidak tahu bagian konten apa itu. Silakan tanya saja ke beliau,” samsung Ananda.

"Karena sampai lama tidak ada klarifikasi, saya mulai ngetwit dan tag Kemdikbud dan Mas Nadiem Makarim. Ya aneh lah, ini kan menggunakan uang publik dan konser ini bentuk pertanggungjawaban saya. Kok malah Kemdikbud sendiri tidak mengumumkan apa-apa tentang pembatalan ini", tandas Ananda penuh kecewa.

Ananda menjelaskan, pada video pertamanya dari Tur Rapsodia Nusantara di Kompleks Candi Prambanan mencapai 8000 pemirsa saat tayang.

Konser dari situs Majapahit di Trowulan ini adalah episode kedua dari seri "Rapsodia Nusantara dan Kejayaan Nusantara " ini

Ketika ditanya apakah ada unsur boikot, Ananda menjawab tidak tahu, dan lagi-lagi menyarankan untuk bertanya ke pihak DirJen Kebudayaan

Editor : Sulha Handayani