• News

  • Peristiwa

Relawan Jokowi Jadi Komisaris ITDC, MLT: Kenali Dulu Profilnya Baru Komplen...

Ulin Yusron
Foto: Harianjogja.com
Ulin Yusron

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Profil Ulin Yusron baru-baru ini menjadi sorotan warganet usai dirinya ditunjuk sebagai komisaris di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

Ulin ditunjuk langsung oleh Kementerian BUMN melalui SK Nomor: SK-319/MBU/10/2020 tanggal 8 Oktober 2020 lalu.

Sebelumnya, Ulin Yusron dikenal sebagai salah satu relawan Jokowi di Pemilihan Presiden 2014 dan 2019. Sebagai seorang pegiat media sosial, Ulin berkontribusi aktif dalam kampanye Jokowi di ranah digital.

Selain itu, Ulin juga dikenal sebagai wartawan ekonomi yang menjadi salah satu pendiri portal media online Berita Satu.

Akun FB @Mak Lambe Turah, Senin (26/10/20) ikut membagikan tautan dan mencuit pendek, katanya: "Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang...
kenali dulu profilnya baru komplen... Selamat bekerja bro......."

Riwayat Pendidikan Ulin Yusron

Sebelumnya dilansir Suara.com, pemilik akun Instagram @ulinyusron ini bernama lengkap Ulin Ni'am Yusron. Ulin merupakan mantan aktivis yang menjadi motor penggerak aksi massa di tahun 1998.

Ulin Yusron merupakan lulusan dari Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pria kelahiran 19 Juni ini kemudian melanjutkan pendidikan di Institut Kesenian Jakarta dan lulus pada 2019 dengan gelar Master of Arts.

Perjalanan Karier Ulin Yusron

Walaupun memiliki latar belakang pendidikan di bidang Pertanian, Ulin Yusron merupakan seorang jurnalis. Ulin mengawali kariernya sebagai jurnalis pada tahun 2000-an di kota Solo.

Ia kemudian hijrah ke Jakarta untuk bekerja sebagai reporter portal online Berpolitik.com. Di sana, Ulin Yusron bertugas untuk meliput berita terkait peristiwa politik, keamanan dan pertahanan, serta kementerian. Setelahnya, Ulin bekerja sebagai editor di Kontan selama tujuh tahun (2001 – 2008).

Ulin Yusron kemudian mulai membuat langkah baru dengan mendirikan Aviyasa Consulting. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa riset kebijakan, manajemen hubungan pemerintah, serta media dan publik dalam beragam kepentingan.

Barulah di tahun 2010, Ulin Yusron menjadi salah satu pendiri BeritaSatu.com, yakni portal berita online yang berfokus pada pemberitaan terkait isu korupsi dan penegakan hukum.

Relawan Jokowi

Sebelum diangkat sebagai Komisaris BUMN, Ulin Yusron diketahui menjadi relawan Jokowi pada masa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019. Ulin yang aktif di media sosial pun memanfaatkan platform tersebut sebagai media kampanye yang menyasar para pemilih muda.

Sebagai relawan, Ulin terbilang cukup vokal dalam mendukung Jokowi sebagai calon pilihannya. Bahkan, di masa Pilpres 2019 lalu, Ulin sempat membuat gempar media sosial karena menyebarluaskan data pribadi terduga pelaku yang mengancam akan memenggal Jokowi. Namun, Ulin akhirnya menghapus unggahan tersebut dan mengaku keliru atas tuduhannya.

Ulin Yusron Ditunjuk Sebagai Komisaris BUMN

Melalui video conference pada 8 Oktober 2020, Ulin Yusron resmi diangkat sebagai anggota dewan komisaris Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

ITDC sendiri merupakan BUMN yang bergerak di bidang pariwisata. Adapun jabatan yang diberikan kepada Ulin ini memerlukan kemampuannya dalam hal melakukan promosi terhadap kawasan wisata yang dikelola BUMN.

Ulin Yusron bukanlah satu-satunya relawan Jokowi yang ditunjuk untuk menduduki suatu jabatan. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengangkat Arya Sinulingga sebagai staf khusus BUMN. Arya sendiri diketahui merupakan juru bicara tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu.

Itu dia profil Ulin Yusron, influencer Jokowi yang jadi Komisaris BUMN.

Editor : Taat Ujianto