• News

  • Peristiwa

Hore, Bansos Tunai Kemensos Akan Dilanjutkan Hingga 2021 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono Laras dan Capaian Kemensos, Selasa (27/10/2020).
Kementerian Sosial
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono Laras dan Capaian Kemensos, Selasa (27/10/2020).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar gembira disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono Laras. Dia mengatakan, Bantuan Sosial Tunai (BST) akan dilanjutkan hingga 2021 mendatang. 

BST merupakan salah satu Bansos khusus yang diluncurkan Kemensos untuk mengurangi beban ekonomi masyararakat dan menjaga daya beli selama pandemi Covid-19. 

Kata Hartono, Kemensos sudah menerima alokasi anggaran dan sedang dilakukan pembahasan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

"Bansos Tunai akan dilanjutkan di 2021. Besarannya Rp 200.000 per keluarga selama enam bulan dengan target 10 juta keluarga," kata Hartono saat Konferensi Pers Virtual terkait Realisasi dan Capaian Kemensos, Selasa (27/10/2020).

Turut mendampingi Hartono, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Pepen Nazaruddin, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa, Direktur Jenderal Dayasos Edi Suharto dan Staf Ahli Menteri Sosial bidang Aksesibilitas Sosial Sonny W Manalu.

BST sendiri telah diberikan senilai Rp600 ribu pada Gelombang I yakni April-Juni 2020 dan Rp300 ribu pada Gelombang II pada Juli – Desember 2020 yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

"Capaian (penyaluran BST) on the track. Tinggal beberapa keluarga yang akan segera diselesaikan penyalurannya," kata Hartono.

Lebih lanjut Sekjen juga pastikan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai Bansos reguler akan tetap berjalan dan diperluas. Pun dengan Program Kartu Sembako akan dilanjutkan pula pada 2021 mendatang. 

"Pada 2021 Bansos khusus diperpanjang. Bansos Tunai hanya tambahan saja," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli