• News

  • Peristiwa

Kontak dengan Pasien Covid-19, Dirjen WHO Jalani Karantina Mandiri

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus.
BBC
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memutuskan melakukan karantina mandiri usai dilaporkan terlibat kontak dengan seseorang yang kemudian dinyatakan positif virus corona ( Covid-19).

"Saya diidentifikasi melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19. Saya dalam keadaan sehat dan tanpa gejala, tetapi akan melakukan karantina mandiri dalam beberapa hari mendatang," cuit Tedros melalui akun Twitter, seperti dikutip pada Senin (2/11/2020).

Tedros mengatakan dia akan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan lembaganya dalam menghadapi virus corona, dan bekerja dari rumah.

"Sangat penting supaya kita tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini adalah cara kita memutus rantai penularan Covid-19, mencegah penyebaran virus, dan melindungi sistem jaminan kesehatan," lanjut Tedros.

Tedros juga meminta kepada para sejawatnya di WHO supaya tetap terus bekerja sama dengan rekan-rekan mereka di seluruh negara untuk melindungi masyarakat.

Melihat perkembangan pandemi Covid-19, WHO memperingatkan sejumlah negara di dunia mengenai langkah berbahaya atas kebijakan dalam negeri masing-masing yang justru bisa memicu lonjakan penambahan kasus.

"Kita berada pada titik kritis dalam pandemi ini, khususnya di belahan bumi utara," kata Tedros dalam konferensi pers pada 23 Oktober lalu, seperti dilansir dari CNN.

"Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit bagi beberapa negara yang menempuh jalur yang salah," imbuhnya.

Editor : Widita Fembrian