• News

  • Peristiwa

Pengamat: Partai Ummat Besutan Amien Rais Bisa Jadi Tempat Berlabuh Habib Rizieq

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.
Dokumentasi Netralnews/Adiel Manafe
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Jerry Massie mengatakan, kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia masih menjadi misteri. 

Pasalnya, sejak pergi ke Arab Saudi pada April 2017 lalu, Habib Rizieq sudah berulang kali dikabarkan bakal kembali ke Indonesia, namun hingga kini belum terwujud.  

"Kepulanganya hanya misteri," kata Jerry kepada netralnews.com, Sabtu (31/10/2020). 

Meski masih misteri, Jerry menyebut kabar kepulangan Habib Rizieq cukup menarik jika dilihat dari aspek politik. 

Menurutnya, jika Habib Rizieq Shihab kembali ke Indonesia dan ingin terjun ke dunia politik, maka Imam Besar FPI itu punya kans bergabung dengan Partai Ummat bentukan Amien Rais

"Saya nilai, jika dia mau terjun dalam politik, maka Partai Ummat besutan Amien Rais akan jadi tempat dia berlabuh. Tapi tetap saja dia di rumahnya FPI atau (Persaudaraan Alumni) 212," ujar Jerry. 

Jerry menambahkan, Habib Rizieq bakal didukung penuh oleh kelompok 'sayap kiri' yang fanatik dan mengidolai sosok Habib Rizieq

"Kelompok mereka punya ideologi yang kuat. Kelompok saya sebut sayap kiri yang fanatik masih mengidolakan dan mendukung Habib Rizieq," ungkapnya. 

Selain peluang untuk berkiprah di panggung politik Tanah Air, Jerry juga memprediksi Habib Rizieq bakal kembali terjun dalam berbagai aksi demonstrasi jika benar dia kembali dalam waktu dekat. 

"Nah bisa saja dia bergabung dengan kelompok buruh dan mahasiswa berdemo soal Omnibus Law," ucap dia. 

Lebih jauh, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu menilai, kepulangan Habib Rizieq akan berpengaruh pada tensi politik dalam negeri. 

"Jika dia datang, maka tensi politik akan panas, apalagi dia seorang kontroversial," pungkas Jerry. 

Seperti diketahui, kabar kepulangan Habib Rizieq Shihab kembali ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Hal itu berawal dari pernyataan Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis pada momen demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Selasa (13/10/2020) lalu.

Sobri menyebut Habib Rizieq akan segera pulang dan memimpin revolusi. "Imam besar Habib Rizieq Syihab akan segera pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi," kata Shabri saat berorasi di atas mobil komando. 

Selain itu, Habib Rizieq dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial beberapa hari terakhir ini, juga menyampaikan soal rencana kepulangannya itu. 

"Insya Allah dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke Tanah Air, dan akan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," demikian pernyataan Rizieq dalam video itu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati