• News

  • Peristiwa

Kemensos Dorong Balai-balai Rehsos Daerah Optimalisasi Pelaksanaan Atensi

Kunjungan Mensos ke balai rehabilitasi sosial di Temanggung, Jawa Timur.
Kemensos
Kunjungan Mensos ke balai rehabilitasi sosial di Temanggung, Jawa Timur.

TEMANGGUNG, NETRALNEWS.COM - Direktur Jendral Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menyatakan, saat situasi pandemi ini diperlukan adaptasi dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. 

Menurut Harry, kewaspadaan serta pelaksanaan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan guna mencegah penularan Covid-19 termasuk dalam melaksanakan pelayanan sosial bagi masyarakat. 

Harry yang hadir dalam kegiatan pembinaan pegawai Balai Besar Kartini mendorong balai-balai rehabilitasi sosial yang ada di daerah untuk dapat berkontribusi melalui aspek-aspek pelayanan sosial dengan optimalisasi pelaksanaan kegiatan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi). 

Harry juga mengatakan bahwa saat ini, di mana layanan Atensi berbasis residensial atau layanan dalam balai bagi penyandang disabilitas belum bisa dilaksanakan maksimal, maka layanan Atensi berbasis keluarga dan komunitas yang harus lebih banyak dilaksanakan. 

"Balai harus lebih proaktif tidak hanya menunggu rujukan dari masyarakat, maksimalkan SDM yang ada untuk melaksanakan Atensi bagi masyarakat khususnya penyandang disabilitas", kata Harry, seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/11/2020).

Pernyataan ini disampaikan Harry menyongsong persiapan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI)  2020. Di sisi lain, Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperkuat dukungan terhadap penyandang disabilitas.  

Melalui unit pelayanan teknis (UPT) di berbagai daerah, Kemensos telah menyelenggarakan berbagai pelatihan yang mengasah keterampilan penerima manfaat.

Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual "Kartini"  Temanggung termasuk salah satu UPT Kemensos yang menyelenggarakan layanan vokasional bagi Penerima Manfaat

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P