• News

  • Peristiwa

Apresiasi Penanganan Covid-19 Indonesia, Menkes RI Diundang WHO Konferensi Pers 

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto
Istimewa
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - World Health Organization (WHO) mengapresiasi komitmen Indonesia dalam mengendalikan Pandemi Covid-19. Apresiasi tersebut tertuang dalam surat undangan yang ditujukan bagi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto

Surat undangan juga ditujukan pada dua Menkes negara lainnya untuk hadir mengikuti Konferensi pers tentang Covid-19 Intra-Action Review (IAR) yang akan digelar secara virtual pada 6 November 2020 mendatang.

Adapun tujuan dari konferensi pers tersebut sebagai bentuk koreksi dan peningkatan respon terhadap penanganan Covid-19 baik secara nasional maupun subnasional melalui pelaksanaan tinjauan intra-tindakan untuk peningkatan respon pandemi Covid-19. 

Konferensi pers juga akan berbagi praktik terbaik dengan negara anggota WHO, termasuk tinjauan intra-aksi, dan membagi pengalaman dan pelajaran yang didapat dari negara-negara yang berhasil menyelamatkan masyarakat mereka dan mengurangi penyebaran Covid-19.

“Kami mengundang Anda untuk bergabung pada konferensi pers Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, dan Menteri Kesehatan tiga negara lain, serta berbagi pengalaman Indonesia dalam suksesnya penanganan Covid-19,” demikian yang tertulis dalam udangan tersebut, dilansir dari laman Kemenkes, Jumat (6/11/2010).

Para Menteri nantinya diminta untuk memaparkan strategi respons yang telah dilakukan hingga berhasil mengendalikan laju Covid-19 di wilayahnya dan menjelaskan tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR). Harapannya dengan saling berbagi strategi dan ide, dapat memberikan semangat sekaligus contoh penanganan Covid-19 bagi negara lain.

Lebih lanjut, WHO menilai penanganan Covid-19 di Indonesia telah sesuai dengan guideline yang telah ditetapkan. Ini merujuk pada IAR yang telah dilakukan pada 31 Juli yang lalu, yang mana sejalan dengan rekomendasi dari pertemuan keempat Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (2005) pada Bulan Juli.

WHO mendukung Kementerian Kesehatan untuk melakukan Intra-Action Review (IAR) guna merespons Covid-19 di Indonesia pada tanggal 11-14 Agustus 2020. IAR melibatkan total 168 peserta, fasilitator, penulis laporan dan notulen yang berasal dari pemangku kepentingan multisektor.

Sehubungan dengan hal inilah WHO menerbitkan pedoman dan alat WHO untuk melakukan Country Covid-19 Intra-Action Review (IAR) pada 23 Juli 2020, dengan semangat pembelajaran dan peningkatan berkelanjutan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli