• News

  • Peristiwa

Pakar Telematika Roy Suryo Ungkap Analisis Video Syur Mirip Gisel

Analis Roy Suryo terkait video syur
Istimewa
Analis Roy Suryo terkait video syur

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pakar Telematika Roy Suryo komentari viralnya video syur yang menyeret nama artis Gisella Anastasia. Pada kasus video 19 detik tersebut, Roy imbau agar dikedepankan azaz praduga tak bersalah. 

Kata Roy, UU Indonesia hanya bisa menjerat penyebarnya dan bukan pelakunya. Itu sesuai dengab UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 pengganti UU Nomor 11 Tahun 2008.

"Dalam kasus "Video 19dtk mirip Artis GA", saya tetap himbau kedepankan azaz Praduga tdk bersalah. Uniknya, kasus ini disebut "Pemersatu" Netizen ...," kata Roy, dikutip dari cuitannya, Senin (9/11/2020).

Alasan Roy selalu menyatakan untuk kedepankan azas praduga tak bersalah, karena sekarang ini sudah banyak software yang bisa memanipulasi atau mengganti wajah seseorang.

"(memgganti) Wajah seseorang dlm Video, seperti DeepFake, ReFace, dsb, meski tentu ada Metode utk mengetahuinya," kata Roy.

Lebih lanjut Roy mengaku, banyak yang bertanya, bagaimana hasil Analisis Face Comparator (Recognizer) antara wanita dalam video berdurasi 19 detik dengan Artis GA. Kemudian muncul juga pertanyaan jika wajah GA di Merged dengan Face Matcher (Combiner).

"Meski Hasil2 ini Ilmiah & Scientific,

Tetap kedepankan Azas Praduga tidak bersalah," kata Roy menjawab pertanyaan tersebut.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati