• News

  • Peristiwa

HRS Pulang, Ade: Akan Memulai Drama Baru yang Lebih Serius dari Gisel dan Jedar

Ade Armando
Foto: Istimewa
Ade Armando

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Semenjak kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia, nama Firza Husein Kembali menjadi perbincangan hangat.

Tagar ApaKabarFirzaHusein menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 3 ribu tweet yang menuliskan tagar tersebut.

Banyak netizen yang menanyakan tentang keberlangsungan kasus chat mesum yang pernah menjerat nama keduanya.

Bahkan tidak sedikit dari netizen yang menginginkan kasus tersebut kembali diusut polisi karna habib Rizieq telah kembali.

Lain lagi dengan dosen Universitas Indonesia. Kamis malam (12/11/20) membuat cuitan di akyn FB-nya, katanya: "Kembalinya bung Imam dari Saudi kayaknya akan memulai drama  baru yang lebih serius dari soal Gisel dan Jedar."

Ia juga mengunggah videonya di Cahnnel Youtube dengan judul "Apakah Bung Imam dan Mbak Firza Bakal Dipenjarakan?"

Menukil Pikiran-rakyat.com, siapakah sosok Firza Husein? Mengapa dia disangkut pautkan dengan Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab?

Semuanya berawal dari penghujung Januari 2017 lalu. Ada sebuah situs yang memuat konten tangkapan layar sebuah percakapan pesan Whatsapp yang diduga milik Habib Rizieq dan Firza Husein.

Pada percakapan tersebut menggambarkan seolah-olah Habib Rizieq memiliki hubungan spesial dengan Firza Husein.

Namun baik Habib Rizieq dan Firza Husein menapik hal tersebut, dan menyebutkan bahwa berita itu hanyalah fitnah.

Firza sendiri memiliki nama lengkap Firza Husein Maskati yang lahir pada 18 Februari 1973 di Palu. Sang ayah berasal dari Bali bermarga Maskati sedangkan sang ibu berasal dari Palu dengan marga Alkadrie.

Namanya mulai muncul di media bersamaan dengan Aksi Damai 212 pada tanggal 2 Desember 2016. Aksi tersebut menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditahan karena penistaan agama.

Sebelum aksi tersebut berjalan pada pagiharinya polisi menangkap 10 aktivis, dan salah satunya adalah Firza Husein.

Kemudian polisi menyita handphone milik Firza Husein, dari sanalah diketahui bahwa beberapa kali Firza sempat mengikuti pengajian di tempat Habib Rizieq Shihab.

Tak hanya itu, dugaan skandal keduanya pun mulai terkuak di media. Namun tak lama mengusut kasus itu, Polda Metro Jaya akhirnya mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Artinya kasus tersebut resmi dihentikan.

Dilansir dari Antaranews, Pengamat Hukum Universitas Indonesia (UI) Chudry Sitompul menilai kasus hukum yang dituduhkan kepada Habib Rizieq tidak lantas batal hanya karena ia berada di luar negeri.

“Selama belum ada SP3(Surat Perintah Penghentian Penyidikan), kasus masih terus jalan. Tidak menghilangkan status hukum,” ucap Chudry pada saat ditemui di Jakarta pada Selasa 10 November 2020.

Kalaupun sudah di SP3 atau dihentikan, bisa dibuka kembali asalkan ada bukti-bukti baru. Kalau Rizieq tidak terima kasus yang menjeratnya kembali dibuka, bisa mengajukan praperadilan.

Editor : Taat Ujianto