• News

  • Peristiwa

Demi Lindungi Masyarakat, Fraksi PKS Dorong Percepatan RUU Minuman Beralkohol 

Amin AK, politikus PKS.
Amin AK, politikus PKS.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) sebagai salah satu fraksi yang mengusulkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Minuman Beralkohol, mendorong untuk percepatan penyelesaian RUU tersebut yang saat ini sudah mulai masuk dalam pembahasan di Badan Legislasi DPR. 

"Kami menilai RUU ini perlu diprioritaskan untuk melindungi masyarakat dari dampak buruk minuman beralkohol," kata Anggota Komisi VI DPR dari F-PKS, Amin Ak dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (13/11/2020). 

“Kami akan berupaya mendorong RUU ini agar bisa segera dibahas dan diselesaikan, mengingat dampak negatif dari peredaran minuman beralkohol di masyarakat sangat mengkhawatirkan," sambung Amin. 

Menurutnya, saat ini peraturan yang mengatur peredaran minuman beralkohol yang berlaku belum terlalu kuat. Meskipun sudah diatur dalam UU KUHP dan beberapa Peraturan Daerah, namun UU yang spesifik mengatur peredaran minuman beralkohol secara khusus masih belum ada. 

“RUU Minuman Beralkohol ini nantinya dapat memperkuat Pemerintah Daerah dalam mengatur peredaran minuman beralkohol di daerahnya, sehingga dapat melindungi masyarakat khususnya remaja dari dampak negatif yang ditimbulkan minuman beralkohol.” ujar Amin.

Amin menambahkan, RUU Minuman Beralkohol yang saat ini sudah masuk dalam agenda pembahasan di Baleg DPR RI akan memuat sejumlah larangan dan pembatasan peredaran minuman beralkohol di Indonesia. Tak hanya memperketat jumlah minuman beralkohol yang beredar, lanjutnya, jam dan lokasi peredarannya juga akan dibatasi.

"Hal ini untuk melindungi masyarakat, khususnya anak-anak sekolah agar tidak mudah mendapatkan minuman beralkohol,” jelas Amin yang juga anggota Baleg DPR itu.

“Untuk menghilangkan keresahan masyarakat akibat korban minuman beralkohol yang terus bertambah, RUU Minuman Beralkohol harus segera di bahas dan disahkan,” pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P