• News

  • Peristiwa

Ketua DPRD DKI Tanggapi Perihal Pemanggilan Gubernur Anies Baswedan

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi
Istimewa
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dimintai klarifikasi perihal kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar FPI karena mengundang massa hingga terjadi kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Sabtu (14/11/2020) silam.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan harus adanya ketegasan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Ia pun mengingatkan terkait banyaknya korban meninggal akibat virus tersebut.

"Ini yang sering saya katakan untuk adanya ketegasan pemerintah di masa pandemi. Karena Covid-19 ini bukan main-main. Sudah berapa banyak korban meninggal dunia, dan sudah berapa banyak keluarga yang ditinggalkan," kata Prasetyo melalui pesan singkatnya pada Kamis (19/11/2020).

Menurutnya, selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi jilid II, seluruh teknis pelaksanaan di lapangan menjadi kewenangan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu Pemprov DKI memang seharusnya tegas tanpa tebang pilih menghadapi sejumlah agenda publik yang menimbulkan kerumunan.

Dalam hal ini, kata dia, DPRD DKI selalu mendukung upaya-upaya penegakan kepatuhan protokol kesehatan. Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Covid-19 bahkan sudah disahkan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Nah ayo bareng-bareng menegakkan aturan, dan bareng-bareng kampanyekan disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujar Prasetyo.

“Pokok selama masa pandemi harus tegas, tegas, tegas sudah itu saja,” tambah Politisi PDI Perjuangan ini.

Seperti diketahui, Anies diperiksa penyidik Polda Metro Jaya sekitar 9,5 jam dari pukul 10.00 sampai 19.25 pada Selasa (17/11/2020) lalu. Anies mengaku, dicecar 33 pertanyaan oleh penyidik.

Anies diminta klarifikasi, buntut dari acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar FPI karena mengundang massa hingga terjadi kerumunan. Simpatisan FPI banyak yang tidak memakai masker dan mengabaikan jaga jarak.

Acara itu juga digelar bersamaan dengan pernikahan anak Pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab bernama Syarifah Najwa Shihab. Najwa dinikahkan dengan Irfan Alaydrus di rumah Rizieq di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli