• News

  • Peristiwa

Dua Partai Bertarung di DPRD DKI Soal Hak Interpelasi ke Anies, DS: Mau Bela yang Mana?

Pegiat Media Sosial, Denny Siregar
Istimewa
Pegiat Media Sosial, Denny Siregar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI Jakarta berencana mengajukan hak interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kerumunan acara Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Namun tidak diikuti oleh seluruh fraksi, salah satunya PDIP, sebagai partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD, belum menentukan pengajuan hak interpelasi.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan interpelasi yang digulirkan terkait kerumunan di acara pernikahan putri pimpinan FPI, Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu merupakan hak Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun hal itu masih wacana.

"Itu mah wacana saja dan itu haknya PSI untuk menggulirkan sebagai satu fraksi dan kami enggak bisa melarang," kata Taufik saat dihubungi di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Di lain pihak fraksi NasDem DPRD DKI tak akan menggulirkan hak interpelasi seperti yang akan dilakukan fraksi PSI. Hal ini dipastikan oleh Ketua Fraksi NasDem Wibi Andrino.

"Tidak (pakai hak interpelasi). Menurut kami, kami memandang Pak Gubernur sudah menjalankan apa yang dia tulis dalam Pergub, sudah mengimbau, sudah melakukan denda, jadi mau apa lagi," kata Wibi, Senin (16/11/2020).

Dia menilai Anies sudah berupaya mencegah kerumunan di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq. Namun, ledakan massa memang tak bisa dibendung, maka itu Pemprov menjatuhi sanksi. Hal itu menurutnya sudah sesuai aturan.

"Sudah ada Satpol PP, Wali Kota Jakarta Pusat, bagian-bagian itu sudah bekerja, agar acara itu tidak melanggar protokol. Saya rasa sudah clear, di sini kita objektif aja," tegasnya.

Terkait hal itu Pegiat Media Sosial, Denny Siregar ikut angkat bicara perihal hak interpensi tersebut.

Denny mengatakan di satu sisi Partai Solidaritas ingin menggunakan hak interpelasi untuk Anies karena alasan terjadi pelanggaran protokol kesehatan saat acara akad nikah anak Rizieq Shihab sekaligus Maulid Nabi di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11/2020) malam.

Sedangkan partai Nasdem tidak akan menggunakan hak tersebut karena mengganggap Anies sudah melakukan upaya sesuai aturan.

"Dua partai bertarung di DPRD DKI. 

"@psi_id yang ingin interpelasi @aniesbaswedan versus @NasDem yang bela Anies. Mau bela yang manaaa ?," tulis Denny Siregar.

Cuitan Denny pun direspon berbagai komentar oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau netralnews.com, Jumat (20/11/2020).

@4Y4NKZ: Bantengnya mulai ciut..di dki.

Geser ke psi ajah  @PDI_Perjuangan @BPPemiluPDIPDKI 

Semoga gak karena disuapin anies. 

@DaYax-Red: Partai mencari suara dukungan yg byk, saling menimbang. Dan kadang gak peduli suara itu berasal dr kalangan pembangkang, yg penting suara pendukung. Politik yg belum dewasa? Sangat memalukan !!! Sayangnya sdh tdk ada rasa malu demi pendapatan!

@sampahperadapan: kita lihat dulu kita di posisi mna dulu bang @Dennysiregar7, sbgai pro anies yg notabenenya ikut suara @NasDem.. Atau pro hati nurani utk menyuarakn kbnaran yg tentunya ikut suara @psi_id :))

@jezusholizs: Nasdem mah payah... Dulu pas awal bilangnya cuma Ormas, ujung2 terjun ke Politik... dari situ aja uda hilang respek saya sama SP...

@gunoto7: jelas @psi_id , tidak masuk angin. maju trus @psi_id , masyarakat tidak buta , kuat tidak tergiur apapun .pada masanya akan menuai .bravo brvo

@johnydepp_ok: Hahaha si Bewok ma dimana Angin bertiup disitu layar dibentang  walaupun kaki kiri Ngadrun yang penting Hepeng lah

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati