• News

  • Peristiwa

Presiden Tertipu Oleh ‘Pembantu‘ Sendiri, RG: Mahfud Punya Gara-Gara Semua

Pengamat Politik Rocky Gerung dan Menko Polhukam Mahfud MD
Istimewa
Pengamat Politik Rocky Gerung dan Menko Polhukam Mahfud MD

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat Politik Rocky Gerung (RG) menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertipu oleh 'pembantu-pembantunya' sendiri. Terbukti muncul 'blunder' yang berakibat orang-orang berpihak pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Pernyataan ini disampaikan RG menanggapi pemeriksaan selama 9,5 jam pada Anies. Dia diperiksa terkait kerumunan massa dalam acara yang digelar Habib Rizieq Shihab (HRS). 

Seperti diketahui, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) baru-baru ini menyelenggarakan Maulid Nabi SAW dan menikahkan puterinya di hari yang sama. Kegiatan itu dilaksanakan di kediamannya, Petamburan dan dihadiri massa simpatisan HRS.

"Sebenarnya Mahfud punya gara-gara semua karena tidak ada koordinasi," tegas RG, dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Jumat (20/11/2020).

Bagi RG, Menkopolhukam Mahfud MD membawahi semua informasi publik, informasi BIN, informasi intelijen, informasi TNI dan informasi Kepolisian. Tapi sayang Mahfud dinilai tidak bisa mengolah informasi tersebut dan menunggangi dukungan palsu dari para relawan. 

Menurut pengamatan RG, pendukung Istana saat ini hanya dua. Pertama buzzer influencer dan komisaris-komisaris relawan. RG menilai, semua tidak memiliki kemampuan analisis keadaan. 

"Dia (Mahfud) pikir, buzzer memberikan informasi lebih baik daripada intelijen, daripada Polisi, Pangdam. Itu kesalahan Mahfud," tegas RG. 

Padahal Mahfud memiliki kapasitas dan portofolio untuk mengumpulkan informasi, sebelum teledor ucapkan sesuatu pada publik. 

"Yang keluar dari pikiran Mahfud kan upaya untuk menghukum, menghukum. Hukum Anies, hukum Habib Rizieq, macem-macem kan. Jadi itu soalnya," jelas RG.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati