• News

  • Peristiwa

Ada yang Janggal dalam Pembangunan Gedung DPRD dan Pengadaan Kambing di Purbalingga?

 Gedung DPRD Purbalingga.
Banyumasnews
Gedung DPRD Purbalingga.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Koordinator Investigasi Lembaga Kajian dan Analisis Keterbukaan Informasi Publik (Lembaga Kaki Publik) Wahyudin Jali mengatakan, saat ini ada dua isu soal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga yang jadi sorotan publik.

Pertama, Wahyudin menyebut, ada kejanggalan dalam proyek pembangunan Gedung DPRD Purbalingga 2019 senilai Rp7,7 Miliar.

Kedua, poyek pengadaan kambing Pemkab Purbalingga, dimana untuk proyek tersebut, Pemkab Purbalingga menyiapkan anggaran sebesar Rp 218.000.000

Soal pengadaan kambing, Wahyudin menyebut pihaknya mencium 'aroma busuk'. Untuk itu, Kaki Publik akan melaporkan masalah ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pengadaan proyek kambing bukan hoaks, dan kami dari Kaki Publik sedang siap-siap untuk melaporkan ke KPK, biar cepat diproses di lembaga anti rasuah tersebut," kata Wahyudin di Jakarta, Senin (23/11/2020).

Masalah di Pemkab Purbalingga ini juga mendapat sorotan dari Direktur Eksekutif Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi.

"Ada-ada saja Kabupaten Purbalingga ini, masak proyek kambing saja bisa-bisa pengadaannya janggal," ujar Uchok Sky.

Uchok pun meminta KPK agar segera turun ke Kabupaten Purbalingga untuk melakukan penyidikan atas pengadaan proyek kambing dan Pembangunan Gedung DPRD Purbalingga 2019.

"Memang lebih baik KPK memanggil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi ke Jakarta," pungkas Uchok.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani