• News

  • Peristiwa

Ini Upaya Kemendikbud Lawan SARA

Kemendikbud tanggapi serius isu SARA. (Ilustrasi: Kemendikbud)
Kemendikbud tanggapi serius isu SARA. (Ilustrasi: Kemendikbud)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Suku, Agama, Ras dan Antargolongan ( SARA) kini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terlebih Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan budaya. Lantas apa upaya pemerintah dalam melawan isu SARA yang memapar ranah pendidikan?.

Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Hubungan Pusat Daerah Dr James Modouw mengatakan, salah satu upaya yang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lakukan yakni melalui keberadaan kurikulum 2013. Kurikulum ini dinilai mampu mengembangkan karakter peserta didik secara komprehensif, misalnya saja ditumbuhkannya karakter individual yang sifatnya mampu mengembangkan etos kerja. Selain itu juga dapat mengembangkan karakter yang bersifat kebangsaan.

"Misalnya saja hidup bersama, sesama warga negara meskipun berbeda suku, agama dan ras, berbeda tetapi bisa saling menerima. Jadi dalam kurikulum 2013 itu penerapannya memang sudah baik, hanya perlu dukungan saja," kata James saat ditemui Netralnews.com usai acara Kopi Darat yang diadakan ACDP Indonesia di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (3/5/2017).

Selain melalui kurikulum 2013, upaya lain yang dapat dilakukan yakni melalui seni budaya di setiap daerah yang dinilai perlu diintensifkan, baik yang dilakukan di sekolah maupun di masyarakat. Dalam hal ini penerintah juga dinilai perlu memberikan apresiasi seni bagi peserta didik.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani