• News

  • Peristiwa

Peneliti Kemendikbud Usul Tumbuhkan Wawasan Kebhinekaan

Toleransi (the faith)
Toleransi (the faith)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peneliti Madya Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nur Berlian Venus Ali MSE mengatakan, dalam mempengaruhi keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 (K-13), salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menumbuhkan guru yang berwawasan kebhinekaan.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang beragam suku, budaya dan bahasa, sehingga kebhinekaan dinilai harus terpatri menjadi bagian soft skill bagi guru dan juga peserta didik.

"Dalam pembelajaran harus menghormati keberagaman. Itu harus diimplementasikan," ujar Berlian dalam acara Seminar Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Selasa (23/5/2017).

Salah satu yang dapat dilakukan oleh guru yakni memberikan pendidikan dalam pembagian kelompok atau projek bersama antar siswa. Berlian nilai, itu akan menghilangkan perbedaan. "Asosiasikan keberagaman dengan emosional," kata dia.

Sedangkan pada guru, disarankan untuk memberi penguatan karakter dengan memperbanyak kegiatan yang mendukung perjumpaan antara lintas etnis budaya dan kelompok, agar terlupakan latar belakang yang negatif, sehingga terbangun kemampuan intelektual.

"Dengan itu membuat siswa nyaman sampaikan pendapat. Itu perlu ditumbuhkan kompelsifitas, banyak jalan menuju kebenaran dan memiliki banyak sisi," ujar Berlian.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang