• News

  • Peristiwa

Pendidikan Orangtua Jadi Prioritas Kemendikbud

Pendidikan orang tua jadi prioritas Kemendikbud. (Ilustrasi: Inspiring)
Pendidikan orang tua jadi prioritas Kemendikbud. (Ilustrasi: Inspiring)

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pendidikan orangtua perlu dimasukkan sebagai salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penasihat Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Wuryadi mengatakan , pendidikan orang tua cukup mendasar dan mendesak karena kenyataannya masih banyak yang tidak tahu bagaimana seharusnya mendidik anak.

Menurut Wuryadi, pendidikan orang tua (parenting education) bukan hanya dibutuhkan para orang tau, melainkan juga pasangan yang hendak berumah tangga.

Rendahnya wawasan orang tua dalam mendidik anak mengakibatkan sulit menerapkan karakter jujur, kreatif, serta berbagai moral baik lainnya pada anak. Sementara di sisi lain tantangan mendidik anak di era digital semakin besar.

"Saat ini banyak orang tua yang gagal menyiapkan anak-anaknya menjadi pribadi yang bermoral baik dan berintegritas. Bukan karena enggan tetapi karena tidak tahu caranya," kata Wuryadi, seperti dilansir Antara, Kamis (25/05/2017).

Latar belakang pendidikan formal orang tua, menurut Wuryadi, belum cukup menjamin kemampuan mereka mengarahkan atau membekali anak agar berhasil dalam belajar maupun dalam bersosialisasi di lingkungannya. "Sebaliknya banyak orang tua di perdesaan yang bahkan buta huruf, namun berhasil mendidik anaknya," kata dia.

Bimbingan pra-nikah di Kantor Urusan Agama (KUA), menurut Wuryadi, juga belum menyentuh aspek teknis bagaimana menjadi orang tua secara mendalam. "Di KUA hanya menyinggung prinsip umum berumahtangga sesuai pedoman-pedoman agama saja," tutur Wuryadi.

Oleh sebab itu, program pendidikan orang tua perlu menjadi prioritas pemerintahan saat ini. Rencana mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk membentuk Direktorat Jenderal Pendidikan Orang tua, menurut dia, masih relevan untuk dikaji ulang dan direalisasikan saat ini.

"Saat ini fokusnya hanya pendidikan anak, padahal pendidikan mengenai bagaimana menjadi orang tua juga tidak kalah penting," tandas Wuryadi.

 

Editor : Sulha Handayani