• News

  • Peristiwa

Usai Terapkan Sistem Zonasi, Ini Langkah Kemendikbud Selanjutnya

Orangtua siswa rela mengantre untuk mendapatkan nomor pendaftaran sekolah.
Solo Pos
Orangtua siswa rela mengantre untuk mendapatkan nomor pendaftaran sekolah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdasmen Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, akan ada tindak lanjut setelah terapkan sistem zonasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Dijelaskan Hamid, nantinya di setiap zona akan ada sekolah yang dibenahi secara optimal oleh pemerintah. Pembenahan yang akan dilakukan yakni terkait perbaikan fisik atau bangunan sekolah serta fasilitas belajar. Selain itu juga akan dilakukan redistribusi guru dari sekolah-sekolah yang telah dinilai favorit sebelumnya ke setiap zonasi.

"Sehingga nantinya akan muncul pola sekolah bagus ke depan," kata Hamid di Jakarta, Selasa (12/7/2017).

Dalam PPDB yang telah diatur dalam Permendikbud, dijelaskan tidak hanya terkait zonasi melainkan juga jumlah dari rombongan belajar tiap kelas. Di mana bagi Sekolah Dasar (SD) dalam satu kelas idealnya nanti akan ada 20-28 peserta didik, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 20-32 peserta didik, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 20-36 peserta didik dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 15-36 peserta didik.

"Dalam kasus ekstrim ada yang dalam satu kelas terdapat 40 hingga 52 peserta didik. Jadi kami tidak menginginkan kualitas belajar yang tidak bagus," kata Hamid.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara