• News

  • Peristiwa

Pengamat Sebut Jokowi-Gatot Pasangan Ideal

Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Istimewa
Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengatakan, jika Presiden Jokowi meminang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai wakilnya, maka akan menjadi pasangan serasi dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Menurut saya sebagai pasangan yang sangat bagus, serasi dan ideal," kata Emrus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/7/2017).

Pasangan sipil dan berlatar belakang militer, menurut Emrus merupakan pasangan ideal dalam rangka mengelola berbagai persoalan di dalam negeri, dan menghadapi persaingan global. Bahkan pasangan Jokowi-Gatot mampu mengatasi kejahatan trasnasional dengan tingkat interaksi antar negara yang semakin tinggi.

"Joko Widodo dengan kepemimpinan pro kerakyatan yang ndeso dengan program Nawacitanya, didukung oleh pasangan berlatar belakang militer yang menguasai segi-segi keamanan, intelijen, kemampuan di bidang teritorial yang sudah teruji," ujar Emrus.

"Maka menurut saya, pembangunan di negara kita akan lebih melesat dengan kehidupan sosial yang aman dan nyaman bagi seluruh warga negara Indonesia," sambungnya.

Dengan demikian, menurutnya, pasangan ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat yang jauh lebih baik.

Dirinya melihat, duet paslon Jokowi dan Gatot Nurmantyo, akan mendapat dukungan mayoritas fraksi dan DPR untuk menjadi paslon capres-cawapres 2019. Bahkan rakyat Indonesia, memberikan respon dan dukungan yang sangat signifikan.

"Saya melihat kinerja dan dukungan publik terhadap pemerintahan Jokowi sangat luar biasa. Saya baru saja berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia, pembangunan infrastruktur, waduk, lapangan terbang, fasilitas kesehatan dan jaminan-jaminan sosial lainnya sangat mendapat respon positif dari masyarakat luas," tuturnya.

Dijelaskannya, bila semua proyek selesai penghujung tahun 2019, maka akan menjadi karya monumental dari seorang Jokowi. Karena itu, siapapun yang dipasangkan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019, sepanjang yang mendampingi itu tidak ada cacat sosial seperti korupsi, pelanggaran HAM, dan sebagainya, dipastikan akan memenangkan pertarungan Pilpres 2019.

"Apalagi yang dipasangkan itu adalah Gatot Nurmantyo yang berlatar belakang militer dan pernah menduduki posisi tertinggi di TNI dan tidak memiliki cacat sosial apapun, maka pasangan Jokowi-Gatot Nurmantyo, menurut saya, mendapat respon luar biasa positif dari berbagai kalangan," tandasnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli