• News

  • Peristiwa

Ibunda Jokowi Terima Penghargaan Orangtua Hebat dari Kemendikbud

Ibunda Presiden Jokowi terima penghargaan orangtua hebat. (Dok:Kemendikbud)
Ibunda Presiden Jokowi terima penghargaan orangtua hebat. (Dok:Kemendikbud)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, memperoleh Apresiasi Pendidikan Keluarga untuk Orangtua hebat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ibunda Presiden diberikan apresiasi dengan pertimbangan keberhasilannya dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anaknya sehingga menjadikan anaknya yang berkarakter dan berprestasi.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas, Sukiman mengatakan, apresiasi diselenggarakan bertujuan untuk menyebarluaskan pentingnya pelibatan keluarga bagi orangtua, peserta didik, kepala sekolah, guru dan pemangku kepentingan lainnya. Apresiasi Pendidikan Keluarga ini juga, kata Sukiman, diharapkan dapat memperluas akses dan pemerataan layanan pendidikan keluarga, sehingga dapat menumbuhkan generasi yang berkarakter dan berbudaya prestasi, serta menyebarkan pesan akan pentingnya keluarga dalam pendidikan anak.

“Apresiasi diberikan kepada Ibunda Presiden RI, karena kesuksesannya dalam mendidik anak hingga berhasil menjadi seorang Presiden. Ibunda Presiden tentu saja dapat menjadi teladan bagi orangtua lainnya,” kata Sukiman di Taman Ismail Marzuki (TIM), seperti dalam siaran persnya, Rabu (9/8/2017).

Selain Ibunda Presiden, penghargaan orangtua hebat juga diberikan kepada Ngadiyo dan Lasiyem dari Yogyakarta; La Maeni dan Wa Jaharia dari Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Miftahuddin dan Marmina dari Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan; Amran dan Dahlia dari Kabupaten Indragiri Hilir, Riau; I Wayan Karma dan Ni Nyoman Mariani dari Kabupaten Tabanan, Bali; Misiyanto dan Siti Suswanti dari Kota Semarang, Jawa Tengah; (Alm) La Salenda dan Hj. Wa Ipo dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Basarudin dan Samsilah dari Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu; serta Amin Usman dan Maria Erry Susanti dari Kota Depok Selatan, Jawa Barat.

“Ki Hadjar Dewantara menyampaikan bahwa di alam kehidupan seorang anak terdapat alam keluarga, perguruan, dan pergerakan atau masyarakat. Oleh sebab itulah keluarga melalui pendidikan yang diberikan oleh orangtua menjadi komponen paling penting untuk menghasilkan anak yang berkarakter dan berprestasi,” tutur Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar, dalam acara yang mengangkat tema “Gerakan Pendidikan Keluarga untuk Mengembangkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak”.

Harris juga mengatakan, dengan diberikan pengharhaan tersebut, diharapkan para orangtua hebat dapat menularkan praktik terbaiknya kepada orangtua lainnya, sehingga akan semakin banyak tumbuh orangtua-orangtua hebat di Indonesia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani