• News

  • Peristiwa

Ini Pesan Presiden Joko Widodo di Raimuna XI

Presiden berpesan agar Pramuka mampu jaga NKRI dan membangun bangsa, (Dok:Kwarnas)
Presiden berpesan agar Pramuka mampu jaga NKRI dan membangun bangsa, (Dok:Kwarnas)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam Peringatan Hari Pramuka ke-56, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan pada seluruh Pramuka Indonesia, sebagai generasi muda untuk melakukan berbagai terobosan dalam membangun Bangsa Indonesia dan tidak terjebak dalam kebiasaan yang monoton. Maka dari itu, Jokowi berharap Pramuka dapat menjadi generasi muda yang produktif dalam berkarya. Seperti halnya asal kata Pramuka yakni Praja Muda Karana, yakni jiwa muda yang gemar berkarya.

"Pramuka harus produktif dalam berkarya, inovatif, kreatif dan jadi garda terdepan dalam menjaga NKRI," kata Jokowi saat upacara pembukaan acara Raimuna Nasional XI di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Senin (14/8/2017).

Kata Jokowi, menjaga keutuhan NKRI merupakan tugas yang ada disetiap pundak Pramuka. Terlebih Pramuka saat ini merupakan generasi milinial yang sangat berbeda pola pikir dengan generasi sebelumnya.

"Pramuka saat ini adalah generasi adaptif, kreatif dan inovatif, jadi harus lakukan terobosan, jangan terjebak hal monoton," kata Jokowi.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri pula oleh Ibu Negara Iriana, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, beberapa Menteri dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Perayaan Raimuna Nasional XI juga dihadiri oleh ribuan peserta, perwakilan dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi menilai bahwa Pramuka tidak hanya belajar dan perlu disiplin baris berbaris, memasang tenda atau membuat simpul semata melainkan juga harus disiplin menggunakan media sosial (medsos) yang positif dan produktif. Sehingga Jokowi berpesan, Pramuka harus menggunakan cara kekinian yang sesuai dengan generasi milinial.

"Selamat Hari Pramuka untuk seluruh Pramuka di Indonesia. Banggalah dan cinta menjadi bangian Bangsa Indonesia," tukas Jokowi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani