• News

  • Peristiwa

Presiden Jokowi Ungkap Momen Lucu saat Upacara Penurunan Bendera

Presiden Joko Widodo menerima Bendera Merah Putih dari anggota Paskibraka.
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menerima Bendera Merah Putih dari anggota Paskibraka.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ada kejadian unik, mungkin bisa dibilang lucu saat upacara Penurunan Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada Kamis 17 Agustus 2017 lalu.

Meski upacara dilakukan secara terbuka dan disiarkan langsung di televisi, namun masyarakat tidak ada yang tahu jika pada detik-detik Penurunan Bendera telah terjadi peristiwa yang cukup menggelitik tatkala Presiden Joko Widodo hendak menerima Bendera Merah Putih dari salah seorang anggota paskibraka.

Publik baru mengetahui kejadian itu setelah Presiden Joko Widodo secara terbuka mengatakannya melalui postingan yang ia unggah di jejaring pertemanan Facebook.

"Sebenarnya kejadian ini tak seorang pun yang tahu di luar saya dan Ruth. Ya, hanya saya dan Ruth Cheline Eglesya Purba, pembawa baki Bendera Merah Putih saat upacara Penurunan Bendera 17 Agustus, Kamis sore lalu," tulis presiden Joko Widodo di akun Facebook pribadinya, Sabtu (19/8/2017).

Berikut tulisan Presiden Jokowi yang dikirimkan di akun facebook pribadinya seperti yang terpantau Netralnews.com, Sabtu (19/8/2017).

"Sebenarnya kejadian ini tak seorang pun yang tahu di luar saya dan Ruth. Ya, hanya saya dan Ruth Cheline Eglesya Purba, pembawa baki Bendera Merah Putih saat upacara Penurunan Bendera 17 Agustus, Kamis sore lalu.

Ketika sang pembawa baki dengan bendera terlipat di atasnya melangkah berderap lewat undakan tangga dan mengangsurkannya ke hadapan saya, saya benar-benar lupa: yang harus diangkat bakinya atau hanya kain bendera di atasnya.

Baki kuningnya sudah saya pegang. Untunglah, Ruth begitu dekat dan saya berbisik. “Ruth, ini yang diambil bendera atau bakinya?”

Ruth balas berbisik,“Bapak, hanya benderanya saja.”

Ya, sudah. Untung bisikan saya tidak ada yang dengar. Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berdiri dekat saya pun tidak mendengarnya.

Mengapa saya sampai lupa? Karena tidak ikut gladi upacara penurunan bendera. Tapi, Alhamdulillah, upacara berjalan dengan baik.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli