• News

  • Peristiwa

40 Guru Garis Depan di Kaltara Terima SK CPNS

Guru yang mengajar di pelosok desa.
Mengajar
Guru yang mengajar di pelosok desa.

NUNUKAN, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 40 guru garis depan (GGD) yang bertugas di Provinsi Kalimantan Utara telah menerima surat keputusan (SK) calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Usai menyerahan SK CPNS tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara, Sigit Muryono melalui pesan tertulisnya, Selasa (22/8/2017) meminta, setelah menerima SK CPNS segera menjalankan tugas pada sekolah penempatannya.

Pada penyerahan SK itu, ke-40 GGD menanda tangani perjanjian yakni tetap menjalankan tugas selama 15 tahun pada sekolah tempat bertugas atau tidak mengajukan perpindahan tugas sebelum 15 tahun.

Ia mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirimkan 183 orang GGD untuk jenjang pendidikan tingkat sekolah lanjutan atas (SLTA) ke wilayah perbatasan.

GGD yang lolos seleksi tahun 2016 ini, Provinsi Kaltara mendapatkan 40 orang GGD yang akan disebar ke sejumlah SMA/SMK di wilayah perbatasan.

Kemudian, kata Sigit Muryono, formasi merujuk Surat Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 12883/A.A3/KP/2017 tertanggal 24 Pebruari 2017. "Penempatan GGD 2017 merupakan hasil seleksi 2016 dimana Kaltara mendapatkan 40 orang dari 183 orang yang lolos seleksi," ujar dia.

Keberadaan GGD ini merupakan program Kemendikbud RI untuk ditempatkan di daerah khusus terluar, terpencil dan tertinggal (3T). Melalui program ini memberikan peluang dan kesempatan bagi lulusan pendidikan profesi guru (PPG) pasca program Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terpencil dan terluar (SM3T).

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara