• News

  • Peristiwa

Pencairan Dana PIP, Kemendikbud: Jangan Buat Beli Pulsa Nanti KIP dicabut

Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Pos Bali Online
Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebagai percepatan pencairan dana manfaat Program Indonesia Pintar ( PIP) non tunai menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau kepada para siswa dapat menggunakannya secara bijak. Dana manfaat PIP ini ditegaskan hanya boleh digunakan untuk membeli keperluan sekolah, seperti tas, sepatu, buku tulis, pakaian seragam sekolah dan keperluan sekolah lainnya.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Supriano, saat menghadiri lokasi percepatan pencairan yang dipusatkan di SMP Negeri 12, Kota Bengkulu, Kamis (24/8/2017).

“Tidak boleh digunakan diluar kebutuhan sekolah, seperti beli pulsa orangtuanya. Kalau ketahuan digunakan diluar kebutuhan sekolah maka Kartu Indonesia Pintar (KIP) nya akan kita ambil kembali. Gunakan dengan sebaik-baiknya KIP ini untuk keperluan sekolah,” ujar Supriano, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2017).

Pada kesempatan tersebut, Meysy Meldi Ri, siswa SMP Negeri 7, Kota Bengkulu, menyampaikan rasa gembiranya mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui PIP.

“Saya sangat senang sekali bisa mendapatkan KIP, dan saya tidak menyangka bisa punya buku tabungan. Terima kasih Pak Presiden atas KIP ini, dan saya akan gunakan dengan baik untuk keperluan sekolah,” tuturnya saat ditemui di lokasi percepatan pencairan PIP tersebut.

Hal sama disampaikan oleh Andri Dwi Saputra, siswa SMP Negeri 7, Kota Bengkulu. “Saya senang sekali dapat KIP, saya mau beli sepatu dan tas. Terima kasih Pak Presiden,” katanya yang penuh senyuman.

Begitu juga disampaikan oleh Erni Susanti, Siswa SMP Negeri 16, Kota Bengkulu. “Saya mau pakai KIP ini untuk kebutuhan sekolah saya, dan saya akan lebih bersemangat lagi dalam belajar. Terima kasih Pak Presiden,” ujarnya.

Selain imbauan dalam penggunaan dana PIP, Supriano juga mengimbau kepada para siswa penerima KIP segera mengatifkan rekening tabungan Simpanan Pelajar (SimPel).

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara