• News

  • Peristiwa

Suap Kemenhub, KPK Siap Pidanakan Bos Korporasi PT AGK

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (paling kanan)
Dok. Netralnews/Sesmawati
Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (paling kanan)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku siap menerapkan pidana terhadap perusahaan atau korporasi milik tersangka Adiputra Kurniawan, yaitu PT Adhiguna Keruktama (AGK).

"Kalau ada bukti keterlibatan perusahaan, maka akan kita pidanakan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Untuk diketahui Adiputra Kurniawan menduduki jabatan komisaris di PT AGK.

Adiputra adalah tersangka pemberi suap kepada tersangka penerima suap dan gratifikasi dengan total Rp20,074 miliar, Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang kini nonaktif Antonius Tonny Budiono.

Basaria menyatakan, selepas penetapan tersangka disertai penahanan dan penggeledahan di empat tempat maka proses pengembangan terus dilakukan. Dari informasi dan data sebelumnya yang sudah diperoleh KPK, PT Adhiguna Keruktama tidak hanya memenangi dan melaksanakan satu proyek pengerukan alur pelayaran Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.

Pasalnya, sedang dipastikan apakah hanya proyek tahun anggaran 2017 saja atau juga termasuk dengan 2016. Di sisi lain, KPK menemukan ada aktor atau perusahaan lain yang diduga terlibat atau terkait dalam konstruksi besar kasus izin-izin dan proyek-proyek tahun anggaran 2016-2017.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli