• News

  • Peristiwa

Ini Lima Alasan Sinyal Misterius dari Galaksi Kerdil Bukan Alien

Sinyal misterius yang mungkin berasal dari kehidupan alien yang cerdas.
Lighthouse News Daily
Sinyal misterius yang mungkin berasal dari kehidupan alien yang cerdas.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pada akhir pekan lalu, tepatnya 26 Agustus 2017, para astronom menginvestigasi ulang sumber yang memancarkan sinyal misterius yang terdeteksi melalui proyek Breathrough Listen dari Stephen Hawking.

Para astronom yang bekerja untuk mengidentifikasi peradaban alien tersebut mengambil 15 semburan sinyal radio (FRB) yang berulang dengan cepat dari galaksi kerdil berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Sinyal tersebut sebenarnya sudah terdeteksi pada 2012, dimana ada sembilan semburan yang diamati oleh Array Large Very Large dan Arecibo, empat di antaranya terlihat bersamaan.

"Untuk pertama kalinya, ini memungkinkan kami menentukan lokasi sumber FRB: sebuah galaksi kerdil yang berjarak tiga miliar tahun cahaya jauhnya," ujar peneliti seperti dilansir dari laman Forbes, Selasa (5/9/2017).

Investigasi bulan lalu menemukan serangkaian sinyal sebanyak 15 FRB dari sumber yang sama, masing-masing bertahan di bawah 300 mikrodetik.

Apakah hal itu dilakukan oleh Alien? Ada lima alasan mengapa dugaan tentang Alien tersebut tidak benar:

1. Sinyal tersebut terlalu umum. Berdasarkan semburan yang pernah kita lihat, ada lebih dari 10.000 FRB unik, setiap hari, di atas seluruh langit.

2. Sinyal FRB adalah variabel. Kepadatan energi, kekuatan sinyal, dan interval waktu semuanya tidak teratur, bukti fenomena alam.

3. Galaksi aktif telah menghasilkan sinyal radio yang serupa. Berkedip-kedip, memberi umpan, lubang hitam supermasif bisa menyebabkannya. Galaksi perumahan FRBs ini memiliki persis seperti ini.

4.) FRBs 1019 kali lebih kuat dari transmisi terkuat manusia. Setidaknya semuanya begitu kuat, tanpa micro-FRB.

5.) Banyak penjelasan astrofisika ada untuk FRB. AGN dan magnetar biasa terjadi; tidak ada alien yang diperlukan

Editor : Lince Eppang