• News

  • Singkap Budaya

Inilah 5 Mitos Mistik Paling Misterius Suku Tengger di  Gunung Bromo

Gunung Bromo
bromotour.com
Gunung Bromo

GUNUNG BROMO, NETRALNEWS.COMGunung Bromo adalah gunung yang sangat indah, nomor 3 besar terbaik dunia untuk para pendaki.. Bahkan, oleh sejumlah pendaki gunun kelas dunia mengatakan bahwa gunung Bromo merupakan nomor 3 terbaik atau nomor tiga terbesar d dunia bagi para pendaki. 

Memang, gunung Bromo sendiri memiliki keindahan yang luar biasa. Ia merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di negeri ini. Banyak orang pun ingin bertualang dan mendaki gunung Bromo.  Bagi para pendaki, meski mereka telah menaklukkan sejumlah gunung di dunia, tetapi jika belum mendaki gunung Bromo, rasanya seperti belum pas.

Namun, siapa tahu kalau di balik keindahan gunung yang penuh pesona dan daya tarik itu, tersimpan aneka maam mitos dan kisah mistisnya? Untuk masyarakat sekitar, Gunung Bromo memang dijadikan sebagai gunung suci dan disakralkan oleh para suku Tengger.

Konon, Gunung Bromo ini menjadi tempat persinggahan para dewa pada saat turun ke bumi. Bahkan menjadi tempat persemayaman akhir beberapa dewa, yang mana menjadi rekan saat di Kerajaan Majapahit.

1. Legenda akar gaib

Kisah mistis ini merupakan kisah yang sangat terkenal dan bahkan menjadi kisah yang paling terkenal di Gunung Bromo. Kisah ini merupakan legenda tentang akar gaib yang mana menyelimuti kawah pasir. Menurut sebagian orang yang dapat melihat dari kacamata spiritual atau kaca mata bathin, akar ghaib ini melintas tepat di tengah lautan pasir Gunung Bromo

Menurut orang sekitar sendiri, jika ada orang yang kehilangan arah pada saat berada di lautan pasir, hal tersebut dikarenakan keberadaan akar ghaib itu sendiri.  Dan mereka percaya bahwa orang-orang yang kehilangan arah serta hilang di sekitaran Gunung Bromo tanpa ada jejak memiliki tujuan yang tidak baik dan juga tidak menghormati penjaga dari Gunung Bromo tersebut.

2. Misteri pasir hisap

Kemudian ada pula misteri tentang pasir hisap, pasir hisap tersebut berada di sekitar area padang savana, pasir hidup nantinya akan menyedot seseorang sampai ke bawah tanah, oleh karena itu jika memang tidak mengetahui daerah tersebut, sebaiknya bertanya kepada orang sekitar terlebih kepada kuncen gunung tersebut.

Pada beberapa kasus banyak kejadian yang tidak bisa diterima oleh akal sehat. Kemudian juga terdapat sebuah pancuran yang mana diberikan patok sebagai batas agar tidak dilewati oleh manusia. Selain itu juga terdapat tempat di mana konon Roro Anteng melahirkan di tempat tersebut namun rahimnya tidak dibuahi oleh suaminya.

3. Benda pusaka peninggalan dewa

Ada kisah mengenai legenda benda pusaka, menurut kisah yang beredar di sekitar lokasi Gunung Bromo, konon memiliki banyak sekali peninggalan benda-benda pusaka dari kerajaan Majapahit yang mana terkubur di gunung Bromo tersebut. 

Dan dipercaya jika benda-benda pusaka tersebut merupakan peninggalan dari para Dewa sehingga nantinya setiap orang yang mengunjungi dan berwisata ke gunung ini sangat perlu menjaga sikap dan menghormati penunggu Gunung Bromo tersebut supaya perjalanan lancar tanpa halangan.

4. Pembangunan Istana Raksasa

Lalu ada juga kisah mistis mengenai pembangunan istana raksasa oleh Ki Bromo, kisah tersebut telah diyakini oleh beberapa masyarakat sekitar dan juga warga suku Tengger yang mana pada saat terjadinya erupsi di Gunung Bromo, maka Ki Bromo sedang membangun sebuah istana yang sangat megah dan juga tinggi yang mana sampai tingkat 18. 

Hal ini memang tidak masuk nalar, namun menurut suku Tengger hal tersebut menjadi sebuah wangsit yang diterima sebagai petunjuk dan untuk membangun istana tersebut, Ki Bromo membutuhkan sesaji seperti hasil palawija dan memang tidak membutuhkan korban manusia. 

Hal tersebut membuat para warga suku Tengger beranggapan bahwa erupsi Gunung Bromo menjadi sebuah berkah karena dengan adanya erupsi Gunung Bromo dapat menyuburkan lahan pertanian milik warga.

5. Orang hilang tanpa jejak

Masih menjadi misteri sampai saat ini adalah banyak orang hilang tanpa jejak, namun hal tersebut tentu saja terdapat beragam alasan. Banyak orang yang percaya bahwa jika memang ada orang yang hilang, tujuan datang ke Gunung Bromo tidak baik. 

Misalnya saja ada dua sejoli yang bermesraan dan melakukan perbuatan yang tidak senonoh di Gunung Bromo, nantinya akan hilang dan jejaknya bahkan jasadnya tidak ditemukan

Itulah beberapa kisah misteri populer yang telah menjadi semacam mitos yang ada di Gunung Bromo, meskipun sulit untuk diterima akal sehat dan bahkan merupakan sebuah tahayul, namun tetap saja peraturan seperti itu tetap di jalankan kalau memang baik untuk kita. 

Karena itu, jika memang ingin mengunjungi Gunung Bromo, maka sebaiknya taati semua peraturan yang ada dan lebih baik memiliki niat yang baik sebelum mendaki. Niat dan tujuan baik, tentu berakhir atau berujung baik.

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber