• News

  • Singkap Budaya

Inilah  9 Makhluk Legenda Asli nan Misterius yang Belum Terpecahkan

Orang Bati, di Seram, Maluku
terseram
Orang Bati, di Seram, Maluku

SERAM, MALUKU, NETRALNEWS.COM - Indonesia memang unik. Suku-sukunya juga unik. Keunikan Indonesia banyak disebabkan oleh banyak keunikan dan keanehan yang penuh misteri di negeri ini. Mulai dari adat-istiadatnya, budayanya, alat musiknya, hingga banyak sekali makhluk aneh yang ada di negeri ini.

Di bawah ini dipaparkan 9 makhluk aneh dan misterius yang belum terpecahkan hingga saat ini. Makhluk-makhluk itu bukan manusia, tetapi diyakini juga bukan sejenis bangsa jin dan lain-lain.

1.Orang Pendek, Sumatera
Orang Pendek adalah hewan kriptid asal Pulau Sumatera dan telah dikenal sejak 100 tahun lalu oleh penghuni hutan, penduduk, kolonis belanda dan ilmuwan. Penelitian menyebutkan bahwa orang pendek adalah primata berjalan yang memiliki tinggi badan
sekitar 80 cm dan 150 cm.

Orang Pendek ini memiliki kaki terbalik dengan posisi kaki telapak masuk ke dalam dan betis berposisi ke dalam yang memang terbalik dengan orang atau manusia normal. Dan mengenai hal ini sudah dipaparkan oleh Netralnews beberapa waktu lalu.

2. Lembuswana, Kalimantan Timur
Makhluk Mitologi ini sering dijadikan simbol dalam kerajaan2 zaman dulu seperti Mulawarman, dan di Cungkup Sunan Prapen.  Makhluk mitologis ini cukup berkembang di Kalimantan Timur.

Lembuswana adalah hewan dengan kepala berbentuk gajah yang menggunakan mahkota yang memiliki sepasang sayap dan di keempat kakinya terdapat cula/taji (red: seperti ayam).

Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam.

3. Orang Bati, Seram Maluku
Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Diceritakan bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap.

4. Naga Besukih, Selat Bali
Naga Besukih adalah naga yang diceritakan dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Juga diceritakan bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.

5. Garuda, dalam Agama Hindu
Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu.

Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.

6. Ahool, Pulau Jawa
Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.

7. Veo, Pulau Rinca
Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling tapi ukurannya sebesar kuda.

8. Ebu Gogo, Flores
Ebu Gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk yang mirip dengan leprechaun atau peri. “Orang kecil” tersebut dikatakan memiliki tinggi satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut­, dan dengan telinga yang menjulur.

Mereka berjalan agak kikuk dan sering “berbisik” yang dikatakan sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.

9. Warak Ngendog, Pulau Jawa
Warak Ngendog adalah hewan mitos yang digambarkan seekor badak membawa telur di punggungnya. Bagian-bagian tubuhnya terdiri dari Naga (Cina), Buraq (Arab) dan Kambing (Jawa). Biasanya dijadikan maskot dalam acara Dugderan yang dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan puasa.

 

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber