• News

  • Video

Bisnis Manis Ikan Hias, Seminggu Untung Puluhan Juta

BOGOR, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda tertarik dengan bisnis ikan hias? Jika ya, kisah Keluarga Samsudin bisa jadi salah satu ide usaha Anda.

Samsudin merupakan pengusaha ikan hias yang sukses memiliki tambak di Parung, Bogor, Jawa Barat. Tidak memperkerjakan karyawan, usaha ini murni dikelola oleh keluarga.

Bermodal Rp 5 Juta Rupiah hasil urunan antar sanak saudara, keluarga Samsudin mulai membuka usaha di 2014. Berbuah manis, enam tahun berjalan, usahanya kini bisa meraup keuntungan sekitar Rp 15-20 Juta Rupiah per minggu.

"Untuk bibit, kami beli. Ada pencetak tersendiri yang khusus. Lalu bibit dibesarkan di sini (tambak)," ujar Samsudin pada Netralnews baru-baru ini.

Lebih lanjut Samsudin akui, ada sekitar 12 jenis ikan hias yang ada di tambaknya. Tiga ikan hias andalan tambaknya adalah Koki, Lohan, dan Jenis Sumatera yang memiliki ciri khas warna cerah karena dibesarkan di tambak.

Adapun tambak yang dimilili keluarga Samsudin seluas 1,5 Hektar. Selama 24 jam tambak dijaga bergantian oleh keluarga, dijaga kebersihan, dipantau pakan, dan keamanannya.

Mau tahu seperti apa Tambak Ikan Samsudin? Mau tahu juga penampakan berbagai macam ikan hiasnya? Simak tayangannya DI SINI.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Taat Ujianto